Kamis, 25 Agustus 2016

Pasuruan Guyub Rukun

Kabupaten Pasuruan adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintah berlokasi di Bangil, Pasuruan. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Laut Jawa di utara, Kabupaten Probolinggo di Timur, Kabupaten Malang di selatan, Kota Batu di barat daya, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Kabupaten ini dikenal sebagai daerah perindustrian, pertanian, dan tujuan wisata. Kompleks pegunungan Tengger dengan Gunung Bromo merupakan atraksi wisata utama di Kabupaten Pasuruan. Wilayah timur Kabupaten Pasuruan termasuk ke dalam wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Wilayah yang terluas di Kabupaten Pasuruan adalah Kecamatan Lumbang. (Wikipedia)


1.BUDAYA, MAKANAN, DAN CIRI KHAS PASURUAN
Seni Hadrah Al-Banjari
Seni Hadrah Al Banjari merupakan suatu seni yang bernuansa Islam. Disebut Al Banjari karena alat terbang serta aturan memukul terbangnya berasal dari Banjarmasin. Meskipun berasal dari luar daerah, kesenian ini sudah memasyarakat di Kota Pasuruan.
Keistimewaan Hadrah Al Banjari terletak pada suaranya yang bertalu-talu ditambah suara bas, jika dicermati mirip musik samba dari Brasil. Hadrah Al Banjari ini sering dimainkan untuk memeriahkan acara sunatan, pernikahan dan pada peringatan hari-hari besar umat Islam seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. (Budaya Pasuruan)

Kotekan Lesung / Tabuh Lesung
Tabuh lesung merupakan suatu bentuk kesenian yang unik dan menarik. Merupakan tradisi masyarakat pedesaan yang selalu dimainkan pada saat para petani panen padi. Dengan menggunakan lesung berukuran panjang +- 3 m , ditabuh oleh 6 orang atau lebih menghasilkan bunyi-bunyian yang indah untuk dinikmati. (Budaya Pasuruan)

2. MAKANAN PASURUAN
Rawon Nguling
Rawon Nguling merupakan rawon yang memiliki perbedaan  dari  rawon biasanya , kluwek ini memakai kluwek betawi ,dengan rasa yang gurih dan sedap menciptakan aroma yang khas berbeda daari rawon biasanya. (Makanan Pasuruan)


Klepon 
klepon adalah makanan khas dari pasuruan yang didalam adonan tersebut berisikan air gula merah , jika dimakan nyess teraa manisnya.(Makanan Pasuruan)


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar